Wamenkeu Ingin APIP Dukung Perbaikan Ekosistem Keuangan Negara

By Admin

nusakini.com-- Saat ini, pemerintah fokus pada tiga langkah terobosan untuk mengentaskan kemiskinan, mengurangi pengangguran, ketimpangan, dan kesenjangan sosial. Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo menilai, Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) perlu dilibatkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut. 

"Ada tiga langkah yang harus kita masukkan di dalam kegiatan para APIP, yaitu bagaimana percepatan pembangunan infrastruktur, yang kedua penyiapan kapasitas SDM (sumber daya manusia) yang produktif, dan juga deregulasi dan debirokratisasi," ungkapnya di sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) APIP pada Selasa (23/8) di Aula Gandhi Badan Pengawasan Keuangan Pemerintah (BPKP), Jakarta. 

Selain itu, ia juga berharap sinergi pengawasan APIP dapat memberikan rekomendasi solutif bagi perbaikan ekosistem pengelolaan keuangan negara, rekomendasi yang integratif dan saling terhubung dari hulu sampai hilir. "APIP ke depan seharusnya dapat mengambil peran lebih strategis, untuk memberikan solusi rekomendasi, bagi pembangunan yang lebih baik, sebagai pengawal pembangunan," tambahnya. 

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla berharap, kinerja baik para Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dapat terlihat dari beberapa indikator keberhasilan pengawasan. Indikator-indikator tersebut yaitu baiknya sistem pengawasan, berkurangnya temuan dan berkurangnya oknum-oknum yang terjerat kasus. (p/ab)